Laman

Minggu, 30 Mei 2010

PROPOSAL DAN SURAT

Pendahuluan

Dalam rangka ikut berpartisipasi mensukseskan program-program pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat di berbagai sektor dalam meningkatkan pembangunan, kami memproduksi sebuah program acara informasi yang disebut Visual Informasi dan Publikasi Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Keberadaan program Visual Informasi dan Publikasi pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diharapkan mamapu memberikan informasi kepada masysarakat baik informasi terkait masalah-masalah yang timbul maupun kemajuan dan perkembangan pembangunan provinsi Nusa Tenggara Barat.
Mengingat program Informasi dan Publikasi Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Baratyang di tayangkan melalui madia elektronika (televisi) yang memiliki jangkauan luas dan massal, maka konsekuensinya kami dapat memproduksi program acara ini adalah:
1. Sebagai media yang menjebatani baik instansi maupun stakeholder dengan pemerintah daerah dalam menginformasikan kemajuan pembangunan dan kegiatan-kegiatan yang merupakan hambatan dan tantangan yang harus diselesaikan bersama.
2. Menginformasikan kepada masyarakat luas mengenai kegiatan instansi atau stakeholder.
3. Meliput dan menayangkan semua kegiatan instansi atau stakeholder yang dianggap perlu untuk di informasikan kepada masyarakat luas.
Program acara Visual informasi dan publikasi Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Barat bertujuan menghasilkan pola penyajian informasi Profile Seorang Tokoh, Penemu sesuai dengan harapan masyarakt yang adil, makmur dan sejahtera.
Program Visual Informasi dan Publikasi Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Barat ditujukan kepada:
1. Seluruh Instansi dan Stakeholder yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
2. Seluruh lapisan masyarakat yang memerlukan atau membutuhkan kegiatan instansi atau para stakeholder yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
3. Seluruh lapisan masyarakat yang memiliki keahlian dalam menciptakan atau memproduksi sesuatu jenis barang dan jasa dalam menunjang proses pembangunan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
4. Pemerintah Daerah:
a. Kunjungan ke Instansi-instansi dalam melaksanakan pengawasan,pemeriksaan dan dalam menampung keluhan-keluhan dengan berbagai permasalahannya.
b. Adanya dukungan dari Pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota di wilayah Nusa Tenggara Barat.


VISI

Bertolak dari nilai demokrasi, Program Visual Informasi dan Publikasi Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Barat harus mampu menjadi ruang yang mengangkat berbagai wacana publik yang menyangkut pembangunan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

MISI

1. Memberikan informasi pembangunan di Nusa Tenggara Barat tentang hal-hal di luar jangkauan penglihatan masyarakt luas.
2. Menjadi sarana penyampaian nilai dan warisan sosial budaya dari satu generasi ke generasi berikutmya.
3. Mencerdaskan kehidupan bangsa.
4. Memajukan program-program instansi pemerintah dan swasta maupun stakeholder di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
5. Meyeimbangkan arus Film-film televisi dari negara yang berteknologi maju dengan produk-produk lokal.
6. Menghindarkan dampak yang berpengaruh negatif berkaitan dengan pembangunan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

TIM LIPUTAN/KORESPONDEN

Pengumpulan bahan, data serta informasi untuk dijadikan materi program dilaksanakan oleh koresponden yang telah ada atau disebut Tim Liputan Visual Informasi dan Publikasi Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan melibatkan semua unsur yang berkepentingan dengan pembangunan Nusa Tenggara Barat.

SEGMEN ACARA

Materi acara/Informasi program ini adalah berisikan Informasi Profile seorang tokoh atau isu-isu yang berkembang saat ini yang terkait dengan roda pemerintahan di Provinsi Nusa Tenggara Barat serta pengetahuan keterampilan yang dapat membentuk sikap mental yang diperlukan, serta membantu membina dan membentuk sumber daya manusia Nusa Tenggara Barat seutuhnya berdasarkan pencasila.
Berdasarkan hal tersebut di atas disusun segmen acara sebagai berikut:

1. BETEMUE
2. Paket Khusus Koperasi / Film Dokumenter.


BETEMUE

Berbagai sebuah pengalaman atau kegiatan seorang tokoh melalui dialog dengan durasi selama 30 menit yang meliputi kegiatan atau aktifitas/serta menyampaikan keadaan lokal/instansi, keadaan masyarakat, peralatan penunjang pembangunan di Nusa Tenggara Barat, hambatan, tantangan, rencana jangka panjang, dan pendek, serta pelaksanaan proses jalannya roda pemerintahan yang meliputi kegiatan pembangunan di Nusa Tenggara Barat.

Film Dokumenter / Paket Khusus Koperasi

Segmen ini dalam bentuk sosialisasi menggunakan VCD/DVD yang diperuntukan bagi pihak-pihak yang terkait dengan dunia usaha dalam menciptakan suatu produk barang dan jasa seperti pemerintah daerah melalui instansi pemerintah dan swasta. Selain pihak pemerintah, segmen ini dapat dipergunakan oleh masyarakat umum, seprti SDM kreatif pencipta alat peralatan teknologi tepat guna yang berhubungan dengan jalannya roda pemerintahan di Nusa Tenggara Barat sehingga tercipta masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil pengamatan terhadap pelaksanaan produksi program acara Visual Informasi dan Publikasi Pembangunan Nusa Tenggara Barat, pengunaan sarana media elektronika televisi merupakan salah satu alternativ pemecahan masalah dalam membangun sumber daya manusia seutuhnya dan pengembangan roda pemerintahan di Nusa Tenggara Barat, sebab dapat diterima oleh semua pihak karena bentuknya yang audio visual.
Walaupun penggunaan media elektronika televisi dilihat dari segi biaya relativ murah dari sistem tatap muka, namun tak urung kami terpaksa harus mendapatkan kerjasama untuk biaya operasional, sebab tanpa kerjasama dan dukungan dari semua pihak sukarlah bagi kami akan dapat terus memproduksi program acara Visual Informasi Pembangunan Nusa Tenggara Barat.
Berbagai segmen pilihan pada program ini disesuaikan dengan tujuan pemerintah daerah untuk meningkatkan teraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di Nusa Tenggara Barat.

PENUTUP

Kekurangan sarana, kekurangan personil, kekurangan peralatan dalam bentuk jumlah dan mutu, kekurangan dana untuk biaya produksi program acara Visual Informasi dan Publikasi Pembangunan Nusa Tenggara Barat sangatlah mendesak, hal tersebut mendorong kami untuk mencari berbagai alternativ pemecahan dan salah satunya adalah dengan membuat proposal kerjasama untuk biaya operasional dengan pertimbangan hal-hal secara efektif serta efisien dengan harapan program acara ini mendapat dukungan, bantuan dan partisipasi semua pihak agar maksud dan tujuan yang hendak dicapai dapat terwujud.


Schedule / Jadwal Kegiatan Kerja
Visual Informasi dan Publikasi (VIP)
Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Barat

1. Peliputan dan pengambilan gambar, pelaksanaannya adalah Kameramen dan reporter
2. Pengumpulan data dan materi beita, pelaksanaannya adalah Reporter.
3. Pengambilan kostum, Pelaksanaannya adalah Presenter
4. Tata rias dan wajah Presenter, pelaksanaannya adalah Tim Tata rias
5. Pembuatan Narasi, pelaksanaannya adalah Redaksi
6. Dubbing materi berita, pelaksanaannya adalah Presenter
7. Editing, pelaksanaannya adalah editor
8. Pemeriksaan akhir narasi dan hasil editing, pelaksanaannya adalah Redaksi.


Rencana Anggaran Biaya Per Episode

Biaya Operasional

- Pemasaran : Rp. 100.000,-
- Transportasi : Rp. 400.000,-


Biaya Produksi

- Video Casette (Mini DV 2 buah) : @Rp. 30.000.- Rp. 60.000,-
- CDR 3 buah : @Rp. 10.000.- Rp. 30.000,-
- Reporter 2 Orang : @Rp. 50.000.- Rp. 100.000,
- Kameramen : @Rp. 75.000,- Rp. 150.000,-
- Editing : Rp. 2.500.000,-
- Desain Grafis : Rp. 500.000,-
- Redaksi dan Narasi : Rp. 250.000,-
- Kertas : Rp. 40.000,-
- Tinta : Rp. 40.000,-
- Lighting : Rp. 50.000,-
- Media TV Durasi 30 mnt (2 kali siar) Rp. 6.000.000,-

Total Rp. 10.220.000


Susunan Tim Produksi
Visual Informasi dan Publikasi (VIP)

Pelindung : Drs. H.M. Nur Asikin Amin, SH.MBA.MM
(Kadiskop UMKM Provinsi NTB)
Penasehat Program : Drs. H.M. Nur Asikin Amin, SH.MBA.MM
(Kadiskop UMKM Provinsi NTB)
Pembina Program : Drs. H.M. Nur Asikin Amin, SH.MBA.MM
(Kadiskop UMKM Provinsi NTB)
Penanggung Jawab Program : Drs. I Ketut Subawa
(Kabid Penyuluhan Diskop UMKM Prov. NTB
Produser : Asrobi Abdihi
Administrasi : Ahmadi
Perlengkapan : Ruslan hairani
M.Yaqub Zaenal
Reporter : Qurrotun aini
Kameramen : Parjiyo
Abdi
Editing : VIP Production
Operator :
Tehnisi :

Pemasaran :


Mataram, 7 Agustus 2009



Nomor : 01/VIP/07/8/2009
Lampiran : 1 (satu)
Hal : Kerjasama Program



Kepada
Yth. Kepala dinas Koperasi UMKM
Provinsi NTB
di-
Mataram



Seiring bergeraknya pembangunan didaerah yang dibarengi dengan beragamnya keinginan dari seluruh lapisan masyarakat membutuhkan adanya informasi yang optimal dari seluruh Stake Holder, kami dari Produser Program Visual Infomasi dan Publikasi Pembangunan Nusa Tenggara Barat yang bekerja sama dengan Media TV membuat sebuah acara yang dapat digunakan sebagai ajang informasi dan promosi dengan tajuk Paket khusus Koperasi atau Film Dokumenter.
Program ini akan bersisikan beragam komentar dan informasi dari Pejabat,Pengusaha,Tokoh maupun Warga yang menyangkut kemajuan dan persoalan-persoalan sosial masyarakat disekitar kita yang dapat berupa wawancara langsung maupun dalam bentuk catatan visual dengan durasi 15 hingga 30 menit.
Sehubungan dengan diatas, kami mengharapkan adanya kerjasama dalam menunjang operasional program tersebut, sehingga program ini dapat kami wujudkan.
Demikian dan atas kerjasamanya kami khaturkan banyak terimakasih.





Produser



ASROBI ABDIHI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar